top of page

5 Tips Populer untuk Perawatan Kulit yang ternyata MITOS!


Health Body Care | IG : @manka.pank

Semua orang pasti menginginkan kulit yang sehat nan mulus. Tak jarang banyak orang yang rela menghabiskan uang untuk perawatan demi mendapatkan kulit yang mulus. Ada pula yang mencoba segala cara dari yang paling mahal sampai paling murah dan yang paling mudah sampai yang paling sulit dengan harap akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Tak sedikit yang mencari tips agar mendapatkan kulit yang mulus dan sehat di internet. Namun mengingat internet adalah sebuah media yang sangat terbuka dan bisa siapa saja mengunggah dan menyebarkan sesuatu, membuat beberapa informasi bisa saja menjadi kurang benar (hoax).

Banyak sekali tips-tips tentang kesehatan kulit yang beredar di internet, beberapa diantaranya pun sebenarnya adalah tips yang tidak benar. Maka dari itu, agar kamu tidak langsung termakan tips yang tidak benar, kami merangkum 5 mitos dan fakta seputar perawatan kulit.


1. Minum Banyak Air Jika Kulit Kering

Fresh Water | Source : Pixabay

Faktanya kulit kering hanya bisa terhidrasi oleh minyak alami atau dengan krim, lotion, dan produk skincare yang bekerja untuk menghidrasi kulit. Sementara itu, jika kulitmu kering lalu meminum banyak air (secara berlebih) hanya bisa membuat kamu keracunan air atau membuatmu terus menerus buang air kecil.


2. Senam Wajah Bisa Mengurangi Kerutan

Face Yoga | By: Face Yoga Method

Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa dengan rutin melakukan senam wajah dapat mengurangi kerutan. Manfaat dari senam wajah adalah mengencangkan otot-otot wajah agar terlihat lebih segar dan awet muda namun tidak dapat mengurangi kerutan. Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerutan adalah mengonsumsi buah, sayur, ikan yang mengandung omega-3, menerapkan pola hidup yang sehat dan juga perawatan kulit yang aman dan benar.

3. Rutin Melakukan Facial

Facial Equipment on Face | Source : www.illumiatherapeutics.com

Faktanya tidak semua orang perlu dan bisa rutin melakukan facial, jika terlalu sering facial pun bias menyebabkan kulit wajah rusak. Facial dapat dilakukan dilihat dari usia, jenis dan kondisi kulit.


4. Makan Cokelat dapat menyebabkan Jerawat

Chocolate Bar & Lime | By: BakerbyNature

Tidak sepenuhnya benar bahwa mengonsumsi cokelat dapat menimbulkan jerawat. Kamu perlu tahu seberapa banyak dan seperti apa cokelat yang kamu konsumsi. Jika kamu makan cokelat tanpa susu dan pemanis tambahan, itu tidak akan menyebabkan kulitmu berjerawat. Karena faktanya cokelat dapat memberikan anti-oksidan bagi tubuh dan dapat menjaga kulitmu dari faktor eksternal penyebab jerawat muncul.


5. Sinar Matahari Bagus untuk Kulit.

Girl & Sunlight | By : Adriana Tomasina

Tidak sepenuhnya benar, karena sinar matahari mempunyai efek yang baik dan buruk bagi kulit. Manusia membutuhkan Vitamin D, dan kita bisa mendapatkannya lewat sinar matahari pagi. Namun jangan berjemur dibawah sinar matahari langsung apalagi saat matahari sedang terik-teriknya karena bisa menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan timbulnya resiko terkena kanker kulit. Penggunaan sunscreen/sunblock sangat dianjurkan agar sinar matahari tidak langsung terkena kulit.


Wah, ternyata tips-tips diatas adalah mitos yang sangat mudah dilakukan namun punya dampak yang dapat merusak kulit ya. Sebetulnya kunci terpenting dalam menjaga kulit agar tetap sehat adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat, penggunaan skincare yang tepat, dan juga jangan pernah sesekali mencoba tips/perawatan kulit jika belum terbukti aman dan bermanfaat.


Annisa Maryam Fauziyah

210104180147 (MPM C)

Recent Posts

See All

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page