top of page

Mitos Skincare Penting Buat Kamu Tahu!


Banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar kulit wajah tetap cantik dan sehat, tak sedikit juga orang yang ingin merawat kulit namun termakan dengan berbagai mitos skincare yang ada dan berakhir bukannya sehat malah kulit menjadi rusak. Menurut seorang ahli dermatologi bernama Andrea Suarez (Dr.Ray) pada youtubenya menjelaskan bahwa ada 5 mitos skincare yang menurutnya salah atau tidak benar.


#1. Mencampur Produk Skincare

Beberapa brand skincare pernah menyarankan konsumen untuk mencampur produk mereka sebelum diaplikasikan pada kulit. Misalnya, mencampur serum dengan pelembap yang disebut bisa memberikan kelembapan ekstra. Padahal, kita harus sangat memperhatikan kandungan bahan aktif yang terkandung pada produk tersebut dan bagaimana efeknya bagi kulit. Mencampur produk dan kandungan yang berbeda tentunya dapat membuat bahan aktif tersebut tidak tersebar merata pada kulit kita dan hasilnya pun tidak maksimal.


#2. Persentase Bahan aktif lebih tinggi lebih bagus

Dalam memilih produk skincare dengan kandungan bahan aktif, beberapa orang beranggapan bahwa persentase yang lebih tinggi tandanya lebih bagus. Dengan menggunakan produk dengan kandungan bahan aktif yang lebih tinggi, maka dianggap bahwa efeknya akan lebih terlihat pada kulit. Padahal produk skincare dengan kandungan bahan aktif yang persentasenya rendah justru mengurangi risiko iritasi pada kulit.


#3. Kandungan yang terlalu rendah tidak memberi pengaruh

Selain kandungan bahan aktif yang tinggi, skincare dengan kandungan yang terlalu rendah seringkali dianggap tidak akan memberi pengaruh bagi kulit. Padahal, bisa jadi kandungan tersebut justru lebih efektif dengan persentase yang rendah karena konsentrasinya sesuai. Ada berbagai hal yang dipertimbangkan dalam membuat formula skincare, termasuk konsentrasi kandungan yang harus seimbang dengan kandungan lainnya.


#4. Menggunakan beberapa jenis retinoid secara bersamaan

Retinoid adalah turunan dari Vitamin A topikal yang belakangan tengah populer dan diminati oleh banyak pengguna skincare. Di antaranya turunan dari retinoid adalah retinol, adapalene, dan tretinoid. Beberapa orang menganggap menggunakan beberapa jenis retinoid secara bersamaan bisa membuat efeknya lebih bagus pada kulit. Faktanya, menggunakan beberapa jenis retinoid secara bersamaan justru meningkatkan risiko iritasi jadi sebaiknya hanya menggunakan satu jenis saja.


#5. Skincare yang tepat bisa membuat kulitmu bagus

Banyak orang menaruh ekspektasi yang terlalu besar pada skincare. Faktanya, kesehatan kulit 99 persen dipengaruhi oleh faktor gaya hidup dan bukan skincare. Tidak merokok, pola makan yang sehat, tidur yang cukup, mengurangi paparan sinar matahari, dan menghindari stress lebih efektif membuat kulit sehat dibanding menggunakan skincare.


8 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page