top of page

6 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak


Source: www.pexels.com

Jika ingin berhasil dan berpengaruh, pemilihan skincare harus diperhatikan. Terutama pemilihan produk sesuai dengan jenis kulit wajah. Salah satunya adalah kulit berminyak. Skincare atau produk perawatan wajah yang tepat memiliki manfaat untuk menjaga minyak di wajah tetap terkontrol. Tidak berlebihan sekaligus tidak terlalu membuat wajah sangat kering. Wajah yang dirawat dengan skincare khusus kulit berminyak dipercaya menghasilkan wajah yang bebas kilap dan tidak kusam.


Berikut adalah 6 tips memilih skincare untuk kulit berminyak:


1. Pilih Produk Bebas Komedo (non-komedogenik) dan Bebas Minyak


Produk Non-Komedogenik | Source: www.pexels.com

Menurut saran ahli kulit, Melanie Palm, MD, seorang dermatologis dari San Diego, kamu perlu memilih produk skincare untuk kulit berminyak yang tentunya yang diformulasikan secara khusus. Yakni, produk tersebut harus non-komedogenik, tidak menyumbat pori-pori, dan juga bebas minyak.


Selain itu, kamu perlu melihat komposisi bahan yang penting untuk menjaga kulit tetap normal tanpa membuat wajah terlalu kering. Beberapa bahan yang bisa kamu pertimbangkan adalah asam salisilat, retinol, dan belerang (sulfur).


Produk skincare dengan label non-komedogenik dan bebas minyak dianggap ampuh untuk mengontrol minyak berlebih tanpa membuatnya terlalu kering. Selain itu produk ini tidak menyumbat pori-pori sehingga wajah pun relatif aman dari jerawat.


2. Pilih Jenis Face Wash yang Lembut


Source: www.simpleskincare.com

Menurut Lisa Pruett, MD, dermatologis dari Carrollton, Texas, menyatakan bahwa untuk memilih face wash sebaiknya pilih yang berbahan lembut. Selama ini masih banyak orang yang keliru. Mereka justru memilih produk skincare yang keras dengan tujuan membuat kulit lebih kering.


Padahal sebenarnya minyak bukanlah musuh utama wajahmu. Minyak hanya perlu dikontrol dengan jumlah yang pas, tidak perlu menghilangkannya sama sekali.

Pemakaian skincare dari produk face wash yang terlalu keras justru merusak kulit membuatnya rentan teriritasi, dan memicu produksi minyak semakin banyak. Sebaiknya justru pilih saja produk pembersih wajah yang sifatnya lembut (mild) agar proses membersihkan wajah tetap efektif namun tidak sampai merusak.


Sementara itu untuk eksfoliasi sebaiknya dilakukan maksimal 2 kali seminggu. Tak perlu terlalu sering karena dampak buruknya adalah produksi minyak akan semakin bertambah bila terlalu keras saat scrubbing atau terlalu sering eksfoliasi.


3. Pilih Toner yang Tidak Mengandung Alkohol


Source: www.avoskinbeauty.com

Toner bukanlah skincare utama. Tapi peranan toner untuk pemilik kulit berminyak tak kalah pentingnya. Pemakaian toner setelah mencuci wajah bermanfaat untuk menjaga kehalusan kulit, melembutkan, dan menenangkan kulit.


Manfaat utama toner adalah memberikan nutrisi untuk mengembalikan kesegaran kulit. Selain itu toner juga berfungsi membantu mengurangi kemerahan dan bagian wajah yang kering.


Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih toner dari bahan alami, non sintetis. Lebih baik lagi jika toner tersebut berasal dari hydrolate bunga alami (seperti lavender, mawar, sedap malam), karena bisa berfungsi sebagai aromaterapi untuk mengurangi stres dan penat, serta mengembalikan wajah menjadi lebih bercahaya.


4. Hindari bahan natural oil


Source: www.pexels.com

Melansir dari Byrdie, Joseph Cruise, MD, seorang dokter operasi plastik dari Cruise Plastic Sugery, menyarankan untuk pemilik kulit berminyak agar menghindari bahan natural oil, seperti vegetable oil, coconut oil serta cocoa and shea butters. Karena kandungan-kandungan tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah pada wajah.


5. Selalu Gunakan Pelembab


Source: www.pexels.com

Salah satu ritual penting untuk perawatan wajah adalah menggunakan pelembab setelah mencuci muka. Pelembab sangat penting fungsinya meski kamu memiliki jenis kulit berminyak.


Pelembab yang diaplikasikan ke wajah setiap hari akan memberikan dampak positif. Yakni, menjaga kulit tetap terhidrasi, membuat kulit halus, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Melembabkan wajah sebaiknya dilakukan setelah mencuci wajah dengan face wash. Dalam keadaan wajah lembab, gunakan skincare pelembab wajah ke wajah agar nutrisi dari pelembab bisa diserap lebih efektif dan sempurna.


Selain itu, memilih skincare untuk kulit berminyak rupanya harus lebih selektif. Untuk mencari produk yang tepat, kamu bisa mencoba pelembab wajah yang ringan, dan bebas minyak. Pilih bentuk gel daripada krim, agar tidak menimbulkan perasaan berat dan greasy di wajah.


6. Atasi Kelebihan Minyak di Wajah dengan Masker


Source: www.pexels.com

Skincare lain untuk kulit berminyak yang bisa dicoba adalah penggunaan masker dari bahan alami yang bisa mengontrol minyak. Salah satunya adalah masker dari tanah liat (clay mask).

Salah satu pilihan skincare masker yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit berminyak dan wajah yang acne-prone adalah white clay mask, black clay mask, dan green clay mask.


Pemakaian masker dan face wash hendaknya diiringi dengan pembilasan dengan air hangat yang bersih agar kulit lebih terhidrasi. Setelah itu, untuk menjaga kesegaran kulit wajah, tak ada salahnya menyemprotkan toner atau face mist untuk mendinginkan kulit berminyak



4 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page